Entrepreneur, Siapa Takut…!

Bingung cari kerja? Atau bingung mau cari tambahan uang? Berapa banyak lulusan sarjana yang saat ini nganggur dan nggak kerja? Padahal di zaman canggih seperti ini, masih banyak cara untuk menghasilkan uang yang halal. Yap, salah satu pilihannya adalah jadi entrepreneur.

Sebenarnya kata-kata entrepreneur sudah sering mondar-mandir di telinga kita. Banyak sekali usaha yang dapat dijalankan jika kita ulet dan pantang menyerah. Tapi ternyata, banyak orang yang merasa malu dan gengsi jika harus jualan atau menawarkan barang ke orang lain. Padahal jika dilakukan dengan serius, bisnis bisa menambah pundi-pundi kantong kita, bahkan bisa menjadi sumber pendapatan utama.

Untuk menjadi seorang entrepreneur, tidak harus selalu meninggalkan pekerjaan utama. Kita masih bisa menjalankan bisnis di samping bekerja. Saya dan teman-teman contohnya. Padahal background pekerjaan kami berbeda-beda, ada yang menjadi guru, karyawan perusahaan, admin, sampai personalia. Saat itu kami berpikir untuk menambah penghasilan selain dari bekerja.

Akhirnya kami mencoba dengan berjualan barang-barang milik orang lain atau beli barang dagangan saat ada order saja. Ternyata bisnis tanpa modal juga bisa jalan kok. Awalnya ada teman yang mencoba memasarkan produk makanan. Ternyata yang lain pada melirik, lumayan juga hasilnya. Akhirnya ada yang mencoba memasarkan produk tersebut di tempat kerjanya. Teman lain ada yang berjualan tas. Tapi jangan dibayangkan jika modalnya besar. Dia hanya memasarkan produk orang lain lewat internet. Pesanan pun mengalir. Saya pun juga ketularan bisnis kaos kaki gara-gara memakai produk kaos kaki yang beli dari teman. Tanpa sengaja, teman kerja banyak yang tertarik dengan produk tersebut. Ada juga teman yang hanya jadi perantara alias mak comblang jasa pembuatan desain atau iklan internet. Dari situ, dia mendapat fee dari desainer karena memasarkan jasanya.

Dari beberapa cerita di atas, akhirnya saya dan teman-teman sepakat membuat sebuah komunitas yang diberi nama Pengusaha Muda Mulia. Dari komunitas ini, kami saling bertukar info jika ada order atau barang yang bisa dijual. Kami semua pun juga bisa menjadi marketing produk teman-teman sendiri. Yang pintar dalam bidang IT kami manfaatkan untuk membuat web atau iklan di internet. Intinya, teman-teman dalam komunitas ini saling membantu satu sama lain untuk maju bersama. Jika biasanya teman-teman hanya curhat dan galau yang nggak penting lewat facebook, sekarang fasilitas tersebut kami gunakan untuk menambah teman sekaligus memasarkan berbagai produk. Dari sini, ide yang lain mulai berkembang dan bermunculan.

Wow.., ternyata setelah digeluti, dunia bisnis sangat menantang dan mengasyikkan lho. Selain itu, dengan berbisnis banyak manfaat yang bisa didapat. Tambah banyak teman, banyak info, dan yang terpenting tambah bikin kantong tebal.

Berdasarkan pengalaman di atas, sebenarnya tidak ada alasan susah mencari uang. Yang terpenting adalah keberanian, ulet, dan lincah dalam berbisnis. Tanpa modal pun, bisnis juga bisa berjalan hanya dengan membawakan atau memasarkan produk orang lain. Tak perlu bingung dan tak perlu malu dalam usaha. Kesempatan hanya akan menjadi milik orang lain jika kita tetap diam dan tak bergerak. Ayo, tunggu apalagi?

So, jadi entrepreneur, siapa takut…!

Leave a Reply